Say Yes To Homemade MP-ASI

Seminar ManajemenMakananPendamping ASI (MP-ASI) – Say Yes To Homemade MP-ASI

Jakarta,21 November2017

 

Tidak diragukan lagi bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan bayi yang paling baik. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan ASI eksklusif diberikan kepada bayi sejak dilahirkan hingga usia 6 (enam) bulan, tanpa menambahkan dan atau mengganti dengan makanan atau minuman lain. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan tidak mudah sakit. Setelah berusia 6 bulan, dianjurkan ASI tetap diberikan tetapi hanya dapat mencukupi ½ kebutuhan energi bayi sehingga diperlukan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Pemberian MP-ASI perlu diperhatikan agar mencukupi kebutuhan gizi sesuai dengan umur anak.

Ibu bekerja umumnya mempunyai waktu yang terbatas untuk mempersiapkan MP-ASI bagi anaknya dan cenderung memberikan MP-ASI instan. MP-ASI yang baik adalah MP-ASI yang dapat memenuhi kebutuhan gizi sesuai umur anak sehingga seorang ibu harus memiliki pengetahuan tentang cara menyiapkan dan mengolah MP-ASI yang baik dan benar.

 

Sebagai wujud komitmen Kementerian Kesehatan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga menyelenggarakan Seminar Manajemen MP-ASI sebagai rangkaian kegiatan pembinaan ruang ASI di tempat kerja. Seminar yang dilaksanakan di ruang rapat Ditjen Kesehatan Masyarakat ini dihadiri oleh 75 orang  pegawai hamil dan menyusui dari seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan (Rasuna Said).

Kegiatan dibuka oleh Kasubdit Kapasitas Kerja, dr. Rusmiyati, MQIH dalam hal ini mewakili Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dharma Wanita Persatuan Ibu Widyawati Siswanto. Dalam sambutannya, Ibu Sis menyampaikan apresiasi yang sangat besar terhadap kegiatan ini dikarenakan tidak sedikit ibu pekerja yang memiliki kendala khususnya waktu dalam penyiapan MP-ASI dan mengalami kesulitan dalam memberikan MP-ASI yang tepatuntuk anaknya.

 

Menurut dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC selaku narasumber, ada 10 prinsip dalam pemberian MP-ASI yaitu :

1) Menyusui selama 6 bulan, kemudian memperkenalkan MP-ASI sambil terus menyusui,

2) Lanjutkan menyusui hingga bayi berusia 2 tahun,

3) Menerapkan responsive feeding (merespon keinginan bayi),

4) Perhatikan kebersihan makanan dan cara menyiapkan makanan,

5) Memulai dengan jumlah sedikit lama-lama bertambah banyak,

6) Tingkatkan tekstur makanan seiring dengan pertumbuhan bayi,

7) Tingkatkan frekuensi makan seiring dengan pertumbuhan bayi,

8) Berikan berbagai variasi makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi,

9) Gunakan makanan yang terfortifikasi atau suplemen vitamin dan mineral sesuai kebutuhan,

10) Pemberian makanan saat bayi sakit.

 

Dalam sekalimakan, MP-ASI harus mengandung makanan empat bintang (4*) yaitu zat besi yang didapat dari protein hewani dan nabati, makanan pokok (karbohidrat), kacang-kacangan dan olahannya, buah-buahan dan sayur-sayuran, tidak lupa ditambahkan air dan lemak dari minyak-minyakan. MP-ASI harus diolah menjadi makanan lezat dengan sedikit bumbu dapur, sedikit garam, sedikit gula dan minyak.



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.